22 Oktober 2020-27 Oktober 2020
14.00 - 16.00 WIB
Minggu Belajar Bersama Mentari Teachers Academy
22 – 27 Oktober 2020
MBMTA adalah Program Pelatihan dan Pengembangan Guru yang konsisten dan berkesinambungan, dilakukan selama 5 hari penuh di minggu ke 4 setiap bulan untuk mendampingi para guru dan pendidik yang ingin terus belajar dan mengembangkan diri sepanjang tahun ajaran. Menghadirkan 10 topik penting dan menarik untuk guru, pendidik dan praktisi pendidikan dari jenjang TK-Universitas dari program Bahasa Inggris, Matematika, Metodologi, Pedagogi, Pembentukan Karakter dan Manajemen Pengajaran.
22 Oktober 2020: 14.00 – 16.00
Matematika Sekolah Dasar - Memperkenalkan model-model soal yang non-rutin untuk mengembangkan HOTS siswa
Bagaimanakah guru matematika berperan dalam mengembangkan keterampilan berpikir level tinggi? Salah satu caranya adalah melalui problem matematika yang bersifat non-rutin. Problem matematika yang rutin bermanfaat untuk melatih keterampilan matematika. Sedangkan, problem yang non-rutin memberikan kesempatan bagi para siswa untuk menghubungkan konsep, mempertimbangkan cara alternatif memecahkan soal serta menilai cara manakah yang paling efektif untuk memecahkan problem matematika.
Trainer: Linda Setiawan
Manajemen Pengajaran Modul 1 - Assessment & Evaluation in Teaching: Assessment Planning & Actions (Materi dibawakan dalam bahasa Indonesia)
Melakukan asesmen dalam berbagai bentuk yang bervariasi dan tepat sasaran sesuai dengan tujuan dan fungsi sebagaimana yang kita rencanakan, merupakan haparan kita semua sebagai guru, yang setiap kali melakukan asesmen terhadap murid kita.
Sesi ini dirancang untuk memperlengkapi guru dalam melaukan perencanaan asesmen dan melakukannya sesuai fungsinya dan menggunakan metode yang tepat.
Trainer: Endra Kriswanto
23 Oktober 2020: 14.00 – 16.00
Manajemen Pengajaran Modul 2 - Assessment & Evaluation in Teaching: Teaching Reflection (Materi dibawakan dalam bahasa Indonesia)
Setiap guru perlu meluangkan waktu untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dijalankan rutin setiap hari. Bagaimanakah cara mudah mealkukan refleksi terhadap pembelajaran kita selama ini?
Sesi ini diranang untuk memberikan panduan mudah bagi guru untuk dapat melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan untuk tujuan meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.
Trainer: Endra Kriswanto
International Class - Make Your Writing Smoother with Transitions
Teaching writing is challenging. Writing skills can be taught many ways. It is also important to understand that writing can be fun and also interesting for students. Writing is also important to develop the arranging the way of thinking and develop many skills to be a good communicator.
Trainer: Fabio De Oliveira
24 Oktober 2020: 10.00 – 12.00
Manajemen Pengajaran Modul 3 – Assessment & Evaluation in Teaching: Teaching Evaluation (Materi dibawakan dalam bahasa Indonesia)
Melakukan evaluasi terhadap kualitas pembelajaran kitasebagai guru, merupakan bagian penting dalam kinerja guru untuk dapat meningkatkan kinerja guru secara optimal.
Sesi ini dirancang untuk memberikan panduan mudah bagi guru untuk dapat melakukan evaluasi terhadap pembelajaran, yang berdampak pada meningkatnya kinerja guru.
Trainer: Endra Kriswanto
Science for Primary - Assessment for Primary Science
Online learning can be very challenging for teachers, especially when we need to assess how much our students have learned. A lot of teachers nowadays are struggling with how to create an effective and efficient form of assessment, and as we reflect on the last few months of online learning, giving them a set of questions is no longer the best way to do it.
In this session, we will explore which options we have to help us evaluate our students’ learning processes. Let's find out how to optimise existing online learning platforms so we can create a more challenging, exciting and fun assessment process.
Trainer: Dita Pribadi
26 Oktober 2020: 14.00 – 16.00
English for Preschool - Online Evaluation Activities
Evaluating very young learners' progress can be challenging, particularly wheen classes are conducted online. This session will look at the key areas which can be used to evaluate learners' progress in English, and the types of activities that are suitable to use for distance learning assessment.
Trainer: Todd Cordy
English for Secondary - Online Assessment Tasks for Language, Reading & Listening
Designing online task suitable for assessing vocabulary, grammar, reading and listening skills for secondary level might be challenging. This session provides different ways of evaluating the students' progress and some online applications that will enable the teacher to see the students' whole progress, as well as different types of assessment tasks.
Trainer: Felicia Idarto
27 Oktober 2020: 14.00 – 16.00
Maths for Primary - Exposing Students to Non-Routine Problems in Order to Promote HOTS
How can math teachers develop their students' higher-order thinking skills? One way to do so is through non-routine math problems. Routine problems are effective in promoting math fluency. Non-routine ones provide opportunities for students to make connection, consider alternate ways and evaluate which way is the most effective to solve a problem.
Trainer: Linda Setiawan
English for Primary - Online Assessment Tasks for Language, Reading & Listening
Designing online task suitable for assessing vocabulary, grammar, reading and listening skills for primary level might be challenging. This session provides different ways of evaluating the students' progress and some online applications that will enable the teacher to see the students' whole progress.
Trainer: Yuliana Dewi