06 March 2021
10.00 - 12.00 WIB
Pelatihan Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin bersama Ruang Literasi, seminar yang diperuntukan untuk jejang Sekolah Dasar dengan subjek mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Mandarin.
BAHASA INDONESIA
Sesi 1: Menjawab Tantangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) melalui Program Literasi yang Unggul
Sesi ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman sekolah tentang program literasi yang unggul. Program literasi yang unggul memungkinkan guru untuk merancang proses pembelajaran yang lebih bermakna sehingga kemampuan literasi siswa dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Program literasi yang unggul juga memungkinkan pimpinan sekolah untuk mendapatkan informasi tentang sumber daya, metode, dan media pembelajaran yang dibutuhkan secara tepat.
Sesi 2: Metode Pembelajaran Literasi Bahasa dengan Program Menjadi Indonesia untuk Murid Sekolah Dasar
Sesi ini akan membagikan prinsip, metode, dan pendekatan pembelajaran literasi yang menarik. Selain itu, ide dan strategi pembelajaran yang menyenangkan juga akan dibagikan untuk meningkatkan literasi bahasa murid SD, khususnya dalam konteks Pembelajaran Jarak Jauh. (PJJ)
BAHASA MANDARIN
Sesi 1: Meningkatkan Kemampuan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin
Pembelajaran Mandarin di Indonesia berkembang sangat pesat dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Ini tentu hal yang sangat menggembirakan tetapi tidak sedikit pimpinan sekolah, guru, dan koordinator bidang Mandarin merasa kesulitan dalam menentukan program Mandarin yang tepat sasaran, tepat guna, serta tepat arahnya. Sesi ini akan mengupas hal-hal apa saja yang menjadi kunci pertimbangan untuk menentukan program Mandarin sekolah, agar hasil pembelajaran sesuai yang diharapkan. Sesi ini juga secara khusus menyorot peran bahasa Mandarin dalam memajukan literasi bahasa anak-anak usia Sekolah Dasar.
Sesi 2: Ragam Aktivitas Menarik dan Pembelajaran Bahasa Mandarin
Sesi ini akan membagikan prinsip-prinsip dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran bahasa Mandarin untuk meningkatkan kemampuan literasi bahasa anak. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan ide-ide dan strategi dalam mengajar bahasa Mandarin, terutama dalam konteks Pembelajaran Jarak Jauh dengan menggunakan teknologi sebagai media atau alat bantu.
Pelatih Lokakarya dan Penulis Buku Menjadi Indonesia
Praktisi Pendidikan Karakter dan Penulis Buku Menjadi Indonesia
Pelatih Guru dan Dosen
Pelatih Guru, Dosen, dan Penulis Buku Mandarin